0

Hasil penelitian riset global TNS terhadap 60.500 orang pengguna internet di 50 negara menunjukkan bahwa kaum muda Indonesia, ternyata tidak terlalu fanatik terhadap gadget dan internet.

Dalam riset 'Connected Life' yang digelar antara bulan Mei hingga Agustus 2015, disebutkan generasi pengguna ponsel di Indonesia, hanya menghabiskan 2,5 jam terhubung dengan internet lewat ponsel.

Sementara, riset juga menunjukkan bahwa mereka menghabiskan jumlah waktu yang sama untuk berinteraksi menggunakan media konvensional, termasuk televisi dan radio.

Penelitian TNS membagi kategori responden menjadi dua, yakni kisaran usia milenial atau 16-30 tahun dan kelompok paruh baya yakni usia 46-65 tahun.

Dari kedua kelompok tersebut, terlihat perilaku yang tidak jauh berbeda, dengan kata lain, generasi milenial Indonesia tidak terlalu bergantung pada internet, kendati kegandrungan mereka juga tidak bisa dianggap remeh.

Menurut penelitian TNS, kaum milenial di Indonesia menggunakan ponsel rata-rata 2,5 jam setiap harinya. Mereka membagi waktu antara browsing sosial media sebesar 56%, menonton video 46% dan belanja online 8%. Namun perlu diingat, gambaran yang lebih besar yaitu, milenial juga menghabiskan waktu selama 2,5 jam setiap hari dengan media tradisional seperti menonton TV dan mendengarkan radio. Bagi konsumen online yang lebih tua, mereka masih menggemari media tradisional, kelompok usia 46-65 tahun di Indonesia menghabiskan 3,1 jam setiap harinya untuk menonton TV.

Post a Comment

 
Top