0

Spa sekarang sudah mendunia, meski istilah nama spa diadopsi dari kota Spa di Belgia, hampir tiap negara mempunyai konsep tersendiri dengan layanan ini. Tapi dari dibandingkan dengan negara lain, ternyata spa di Indonesia mempunyai khas sendiri.

Menurut Wulan Tilaar, pewaris bisnis perusahaan kosmetik besar di Indonesia yang juga merambah ke bisnis spa, Indonesia memiliki nilai lebih dibandingkan spa di negara-negara lainnya. Perbedaannya terletak pada terapis yang memberikan pelayanan.

Spa Indonesia terkenal dengan good heart and good hand. Kalau produk relatif. Tapi kalau spa yang membedakan adalah terapisnya.

 Keunggulan terapis dilihat dari profesionalitasnya kala menjamu pelanggan. Bagaimana teknik pijatnya dan keramahanya, itu menentukan kualitas tempat spa itu sendiri.

Spa harus memanjakan lima panca indera manusia sekaligus. Untuk itu diperlukan ketenangan dan pendekatan holistik pada terapisnya. Hal inilah yang dipercayakan Wulan pada terapis spa di Indonesia dan membedakan dengan terapis lain di belahan dunia.

Misalnya trapis di Eropa. Terapis spa di sana tidak bekerja dengan menggunakan hati dan keramahan. Tidak seperti terapis di Indonesia yang justru menjunjung tinggi keramahtamahan.

 Ini bisa membuat Anda mengembangkan spa lokal, apalagi spa Indonesia mempunyai keunggulan dan bisa menjadi terbaik, ini bisa menjadi peluang usaha bagi Anda.

Bali dijuluki sebagai spa destination bisa dijadikan sebagai modal tersendiri. Tapi yang diherankan pemilik usaha spa di Bali ternyata dikelola oleh orang asing, mana pemain lokalnya (pengelola lokal).

Jika kalian ini membuat usaha spa di Indonesia, khususnya Bali, kalian tidak hanya usaha yang lebih keras, Anda harus berbenturan dengan budaya Indonesia yang menjunjung tinggi kesopanan, kebudayaan.

Bagaimana, Anda berminat untuk membuat bisnis spa di Indonesia ?

Post a Comment

 
Top